Ketahui Tentang Usus Buntu Bersama SehatQ - Infomedia Terupdate - Miutensai.com
News Update
Loading...

5/05/2021

Ketahui Tentang Usus Buntu Bersama SehatQ

Apa itu usus buntu ?

Penyakit merupakan kondisi abnormal tertentu yang mempengaruhi struktur ataupun fungsi sebagian atau seluruh tubuh makhluk hidup secara negatif. Penyakit juga dikenal sebagai kondisi medis yang berhubungan dengan gejala dan tanda-tanda klinis tertentu. Penyakit juga dapat di sebabkan oleh faktor external dan juga internal.

Secara umum penyakit digolongkan menjadi 4 jenis penyakit utama yaitu, 

  1. Penyakit Menular
  2. Penyakit Defisiensi
  3. Penyakit Keturunan (Genetik dan Non-Genetik)
  4. Penyakit Fisiologis
Disini saya akan membahas mengenai apa itu usus buntu lengkap dengan gejala, penyebab dan cara mengobatinya, yuk kita simak saja langsung dibawah ini.

Apa Itu Usus Buntu ?

Penyakit usus buntuk merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus yang dapat terjadi secara bertahap hingga nantinya menjadi akut dan kronis.

Penyakit ini dapat terjadi pada setiap kalangan baik muda ataupun tua. Namun, penyakit ini lebih sering menyerang orang dengan usia mulai 10-30 tahun, dan lebih sering menimpa para pria dibandingkan

dengan para wanita. Penyakit ini dapat menyebabkan usus buntuk menjadi pecah dan infeksi hingga berkembang menjadi sebuah penyakit yang parah jika kita tidak segera mengobatinya.

Tanda dan gejala usus buntu

Usus buntu biasanya menimbulkan rasa sakit di perut bagian tengah yang dapat hilang dan timbul. Rasa sakit yang dihasilkan dapat menyebar ke perut bagian bawah tepatnya pada usus buritu dan akan menyebabkan rasa sakit yang dirasakan semakin parah seiring berjalannya waktu jika tidak diambil tindakan yang tepat. Tanda dan gejala yang diawali diantaranya :

  1. Mual
  2. Nyeri Ulu Hati
  3. Diare
  4. Demam

Penyebab usus buntu

Penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntuk mengalami penyumbatan akibat kotoran ataupun kanker dan infeksi yang terjadi menyebabkan pembengkakan sebagai efek dari infeksi yang terjadi dibagian usus. ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya usus buntu atau apendisitis yaitu:

  1. Pola hidup yang tidak sehat
  2. Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit radang usus buntu
  3. Berjenis kelamin pria
  4. Menderita fibrosis kistik

Cara mendiagnosis usus buntu

Mendeteksi usus buntu bisa menjadi sulit karena gejala yang ditimbulkan akan sulit ditebak atau samar karena pada umumnya gejala yang dihasilkan hampir sama dengan penyakit lain seperti penyakit empedu, infeksi kandungan kemih, penyakit radang usus kronis, infeksi usus, dan masalah pada ovarium. Oleh karena itu dokter biasanya melakukan beberapa tes untuk mendeteksi penyakit ini diantaranya:
  1. CT Scan atau USG
  2. Pemeriksaan fisik pada perut
  3. Tes hitung darah
  4. Tes urine untuk menghindari kemungkinan infeksi pada saluran kemih

Cara mengobati usus buntu

Lalu cara mengobati usus buntuk dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, baik secara herbal ataupun ilmu kedokteran, bergantung kepada kondisi pasien. Namun, secara ilmu medis untuk mengobati usus buntu dapat dilakukan dengan perawatan berikut ini:

  1. Operasi untuk mengangkat usus buntu
  2. Pemberian antibiotik secara berkala dan bertahap sesuai anjuran dokter
  3. Pemberian obat pereda nyeri
  4. Memasukan cairan dan nutrisi yang tepat kedalam tubuh

Pengobatan ini tidak mestinya harus dilakukan, ini semua tergantung kepada kondisi pasien. Jika pasien memiliki abses yang belum pecah, biasanya dokter akan menangani abses tersebut sebelum pasien akan di operasi. 

Langkah ini diberikan dengan melakukan pemberian antibiotik dan kemudian mengeringkan nanah akibat infeksi pada usus. Dalam beberapa kasus, usus buntuk dapat diobati tanpa dilakukannya operasi. Namun kebanyakan kasus yang ditangani, pasien memerlukan operasi yang dinamakan apendektomi atau pengangkatan usus buntu.

Info Penyakit ini semua saya bagikan berdasarkan referensi yang saya pelajari, jika sobat mengalami rasa nyeri pada bagian perut yang mengarah kepada usus buntu, alangkah baiknya sobat segera berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Jangan Lupa Untuk Selalu Dukung Kami !
Done