E-Faktur Mempermudah Kamu Untuk Melapor Pajak! - Infomedia Terupdate - Miutensai.com
News Update
Loading...

5/08/2021

E-Faktur Mempermudah Kamu Untuk Melapor Pajak!

Sesuai judul yaitu tentang fitur baru yang ada di Klikpajak kita akan membahas salah satu fitur barunya yaitu e-Faktur. Tapi sebelum masuk ke pambahasan kalian sudah tahu belum sih tentang perpajakan?

Pengertian dari Pajak yaitu pungutan wajib dari rakyat untuk negara, yang dikelola/digunakan pemerintah untuk kepentingan umum dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Apa itu e-faktur

Untuk Apasih Kita Bayar Pajak?

Pertanyaan ini yang sering kali ditanyakan oleh masyarakat kita, nah disini saya akan menjawabnya sesuai dengan apa yang saya ketahui.

Pembayaran pajak itu sangat penting karena sebagai salah satu sumber pendapatan negara yang digunakan untuk membiayai pembagunan yang bersifat umum.

Jika dalam suatu negara masyarakatnya tidak ada yang membayar pajak maka negara tidak akan memiliki pendapatan atau anggaran untuk pembangunan yang di prioritaskan sebagai kebutuhan masyarakatnya serta untuk menjadikan negara tersebut berkembang.

Dari kita membayar pajak di setiap tahun kita sudah dapat merasakan kenyamanan dari fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah kita, seperti :

  • Adanya Sekolahan
  • Adanya Rumah Sakit
  • Tersedianya Jembatan
  • Tersedianya Jalan Raya
  • Subsidi Bahan Bakar Minyak
  • Dll.

Jadi jika kita tidak membayar pajak maka sangat rugi sekali kan untuk kita sendiri, karena mungkin saja kita tidak dapat memberikan pendidikan untuk anak-anak kita di sekolahan yang di sediakan oleh negara ini, serta jika kita tidak membayar pajak maka mungkin saja rumah sakit tidak dibangun di lingkungan kita, jadi kemana kita akan berobat jika kita sakit? Apalagi jika tidak adanya jembatan penyebrangan dan jalan raya maka kita akan kesulitan jika ingin bepergian kemana-mana bukan?

Jadi begitulah gambaran jika kita tidak patuh dalam membayar pajak ke negara, karena uang yang kita bayarkan untuk negara tentunya akan kembali kepada diri kita sendiri kan dan juga yang akan menikmati kita sendiri kan.

Siapa Yang Harus Bayar Pajak?

Kalian udah tau belum yang namanya wajib pajak? Nah saya kasih sedikit penjelasan tentang siapa saja sih yang harus membayar pajak atau biasa disebut wajib pajak.

Wajib pajak digolongkan menjadi 2 yaitu wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan, berikut penjelasan tentang keduanya :

  1. Wajib Pajak Orang Pribadi, meliputi :
    • Perorangan Yang Memiliki Penghasilan Dari Pekerjaan
    • Orang Pribadi Yang Memiliki Penghasilan Dari Pekerjaan Bebas
    • Orang Pribadi Yang Memiliki Penghasilan Dari Usaha

  2. Wajib Pajak Badan, meliputi :
    • Badan Milik Pemerintah ( Contohnya : BUMN, BUMD ) dan
    • Badan Milik Swasta ( Contohnya : PT, CV, Dll )

Bagaimana Cara Melapor Pajak Secara Online Dengan E-Faktur?

Apakah anda sudah mengenal yang namanya e-Faktur? Bagi yang belum mengenalnya saya akan memberikan penjelasan mengenai e-Faktur ini, jadi e-Faktur adalah sebuah fitur baru yang ada di klikpajak.id dimana fitur ini menyediakan layanan seperti pembayaran pajak dan pelaporan pajak untuk kamu.

e-Faktur tidak hanya menyediakan layanan itu saja, semenjak update versi terbarunya menjadi e-Faktur 3.0, dapat digunakan untuk mengelola faktur pajak kamu dengan lebih mudah, karena kamu tidak perlu repot lagi menghitung faktur pajak kamu secara manual baik itu faktur keluaran maupun faktur masukan dapat dikerjakan oleh layanan e-Faktur ini secara otomatis.

Dan juga kalian tidak perlu ragu lagi dengan e-Faktur ini karena di awasi langsung oleh DJP (Direktorat Jendral Pajak) dan sudah terintegrasi.

Jadi buat kalian yang selama ini ketika ingin melapor ataupun membayar pajak sangat kesusahan, kini sudah tersedia layanan yang memudahkan kamu untuk melapor dan membayar pajak. Tidak ada alasan lagi kan untuk kita tidak membayar pajak.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Jangan Lupa Untuk Selalu Dukung Kami !
Done